um-logobrand_um_fix50352_117924181578178_1232155_nurl

Minggu, 05 Juni 2011

Mengidentifikasi Kesalahan/Kerusakan Sistem pengisian

Diagnosis kesalahan/kerusakan yang umum terjadi pada sistem pengisian adalah sebagai berikut;

1. Alternator tidak terjadi pengisian
  • Slip/rusak pada drive belt
  • Dioda lepas
  • Gulungan sirkuti pada stator terlepas
  • Sirkuit luar terlepas
  • Sikat dan slip ring sudah usang
  • Voltage regulator rusak
2. Rendahnya pengisian baterai
  • Drive belt pada alternator slip
  • Korosi pada terminal baterai
  • Resistansi tinggi pada sirkuit pengisian
  • Regulator rusak
  • Tidak ada tegangan positif yang menuju regulator
3. Pengisian berlebihan
  • RTegangan output alternator melebihi spesifikasi
  • Tegangan standar regulator yang terlalu tinggi
  • Tidak ada tegangan positif yang menuju ke regulator
  • Regulator rusak
4. Alternator berisik
  • Bearing shaft daus/rusak
  • drive belt slip
  • Terjadi resonansi magnet

Masalah-masalah pada alternator bisa ditest dengan menggunakan "Alternator Bench Tester"

Alternator Bench Tester

Berikut tayangan video tentang pembongkaran alternator dan pengujian kerusakannya dengan menggunakan Alternator Bench Tester




Sumber
Rujukan : Step II Toyota
Video by : alternatorparts.com

1 komentar:

"Mohon berkomentar dengan baik dan bijak"

Untitled3